6 Apr 2010

Jadwal Kuliah (3DB21) - UTS ATA 2010

HariTanggalMata KuliahWaktuRuang
Kamis 22/04/2010Komunikasi Data & Jaringan Komputer 5J1110
Kamis 22/04/2010Komunikasi Data & Jaringan Komputer 5J1111
Jum'at23/04/2010Perancangan Sistem Informasi 6J1114
Jum'at23/04/2010Perancangan Sistem Informasi 6J1116
Senin 26/04/2010Terapan Komputer Perbankan ** 6J1203
Senin 26/04/2010Terapan Komputer Perbankan ** 6J1204
Rabu 28/04/2010Bahasa Inggris Bisnis 2 6J1114
Rabu 28/04/2010Bahasa Inggris Bisnis 2 6J1116
Jum'at30/04/2010Sistem Basis Data 2 */** 5J1110
Jum'at30/04/2010Sistem Basis Data 2 */** 5J1111
Selasa04/05/2010Teknik Riset Operasional ** 6J1114
Selasa04/05/2010Teknik Riset Operasional ** 6J1116



Kode
Waktu
Jam
Keterangan
1
I
08.30 . 10.00
Ujian Pagi
Hari : Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu
2
II
10.30 . 12.00
3
III
13.00 . 14.30
4
IV
15.00 . 16.30
5
V
18.15 . 19.45
Ujian Malam Semua hari
6
VI
20.00 . 21.30
11
I
09.00 . 10.30
Ujian Pagi Khusus Jum.at
21
II
13.30 . 15.00
31
III
15.30 . 17.00
12
I-II
08.30 . 11.30
Ujian Pagi
Hari : Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu
13
I-III
08.30 . 13.00
14
I-IV
08.30 . 14.30
15
I-V
08.30 . 15.30
34
III-IV
13.00 . 16.00
56
III-IV
18.15 . 21.15
Ujian Malam (lebih dari satu sessie)
121
I-II
09.00 . 12.00
Ujian pagi (lebih dari satu sessie) Khusus Jum.at
122
I+
09.00 . 11.00
131
I-III
09.00 . 13.30
132
II-III
13.30 . 17.00
141
I-IV
09.00 . 15.00
Aplikasi Penjualan pada Waralaba PT. Indomarco Prismatama (INDOMARET) cabang Mekarsari 03 (TI08)

1. Latar Belakang Masalah

Pada waralaba yang sangat terkenal dan memiliki banyak cabang hampir diseluruh pelosok Indonesia ini, indomaret memiliki system penjualan yang sudah tersedia dari pemilik system franchise yang kemudian penggunaannya hampir sama pada setiap cabangnya.

Waralaba atau lebih akrab dengan nama Franchise (dalam bahasa Perancis yang artinya untuk kejujuran atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan, sedangkan dalam menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektuala (HAKI) atau pertemuan khas dari cirri khas usaha yang dimiliki pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. Pengertian waralaba atau franchise menurut Asosiasi Franchise Indonesia adalah suatu system pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merk (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama, system, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara. Pada tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret di uji lebih 230 gerai. Pada 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003” dari Presiden Megawati Soekarno Putri. Hingga Juli 2009 mencapai 3531 gerai. Dari total 1998 gerai adalah millik sendiri dan sisanya 1533 gerai adalah milik masyarakat yang tersebar diseluruh kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah Jogjakarta, Bali dan Lampung.

Perangkat lunak sangat membantu pengguna computer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Pengguna computer sendiri terdiri dari berbagai macam mulai dari perbankan, dunia pendidikan, masyarakat hukum, militer, kepolisian, Ibu rumah tangga, programmer, penjualan, dan berbagai macam fungsi yang tidak habis dibahas. Dengan keberagaman fungsi tersebut salah satu yang hendak penulis bahas kali ini ialah mengenai “Aplikasi Penjualan pada Waralaba PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) cabang Mekarsari 03 (TI08)” .

2. Tujuan Penulisan

Tujuan penulis membuat tulisan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Aplikasi penjualan umumnya di Indonesia dan khusunya pada waralaba Indomaret cabang Mekasrsari 03. Selain itu juga untuk memenuhi tugas softkill penulis pada mata kuliah “Implementasi Sistem Informasi” yang di ajarkan oleh Ibu ATIT PERTIWI, SKom.,MMSI.

3. Metode Penelitian

Adapun metode penelitian yang penulis lakukan adalah dengan metode wawancara, dan mendatangi waralaba Indomaret kemudian bertemu dengan seorang Merchant Daiser dari waralaba tersebut dan menanyakan mengenai system aplikasi penjualan yang mereka gunakan selama ini.

4. Batasan Masalah

Membatasi ruang lingkup yang hendak penulis jelaskan yaitu mengenai software Aplikasi yang di pergunakan oleh Indomaret cabang Mekarsari 03, karena waralaba yang begitu besar dan tersebar ini jika dijelaskan secara keseluruhan dapt menyultikan penulis.

5. Fungsi (Pembahasan Masalah)

Fungsi dari program aplikasi penjualan pada waralaba ini yaitu dapat memudahkan pemilik waralaba serta pemilik hak waralaba untuk mengaudit pendapatam mereka dalam sehari, seminggu, sebulan bahkan tahunan. Sedangkan bagi pegawai seperti narasumber yang penulis wawancara adalah dapat membantu sang pegawai dalam melakukan transaksi kepada konsumen dengan cepat, tepat efektif dalam hal perhitungan maupun waktu pembelian.
Software aplikasi yang sebelumnya digunakan adalah “Clipper Programming” yaitu sebauah bahasa pemrograman yang dibuat di USA (Amerika Serikat) pada tahun 1984. Dan beberapa bulan terakhir ini telah beralih menggunakan bahasa pemrograman “Visual Basic” yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dipengaruhi oleh bahasa pemrograman Quick Basic.
  • Clipper Programming
Dibuat oleh Nantucket Software, dirilis pada musim dingin tahun 1984. Pertama digunakan pada 25 Mei 1985. Clipper merupakan tipe bahasa pemrograman yang membuat basis data (database) yang berbasis DOS. Pada awalnya digunakan sebagai pengganti untuk Dbase II Aston Tate, lingkungan databasenya dapat dieksekusi dan di konpile oleh personal computer.
Jutaan aplikasi yang dibangun menggunakan database yang kecil seperti client management, stock keeping. Banyak aplikasi-aplikasi dibuat untuk dunia Perbankan dan Perusahaan Asuransi sebagai bahan pertimbangan karena terlalu kecil untuk dibangun dan dijalankan pada computer mainframe. Clipper sangat baik digunakan dalam computer mainframe.
Salah satu kekurangannya, pada developer komersial eksekusi program clipper dapat dengan mudah hilang atau tidak dapat mengkompile kode sumber.
Sejarah kronologi Clipper Programming :
  • 1984 : First Issue : winter 1984
  • 1990 : First Issue : Clipper 5.0 (distributed at DefCon fall 1990)
  • 1994 : First Issue of clipper V0
  • 1997 : Clipper V0 2.5
  • 1999 : An open source project (Harbour takes up the challenge)
  • Visual Basic
Developer : Microsoft
Rilis :Visual Basic 6 (1998)
Typing Discipline : Static, Strong
Pengaruh : Quick Basic
Mempengaruhi : Visual Basic.NET, Gambas, REALbasic, Basic4ppc.
Website : http://msdn.microsoft.com/en-us/vbasic/default.aspx
VB atau visual basic merupakan generasi ketika dari event-driven programming dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) dengan menggunakan model pemrograman COM. VB juga bahasa pemrograman yang relative mudah untuk dipelajari dan digunakan karena dibuat berdasarkan fitur grafik dari program BASIC.
Visual basic merupakan turunan dari basic dan tersedia aplikasi Rapid Application Development (RAD) serta Graphical User Interface (GUI). Dan terakses dengan database menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Obejects (RDO) atau ActiveX Data Objects (ADO), dibuat dari control-kontrol dan objek-object ActiveX. Scriptnya sama seperti VBA dan VBscript yang secara sintaxnya sudah visual. Dasarnya sama hanya saja tampilannya yang berbeda.
Seorang programmer dapat meletakkan secara bersamaan sebuah apliaksi menggunakan komponen-komponen yang disediakan olehVisual Basic itu sendiri. Program-program Visual Basic yang telah ditulis dapat juga menggunakan Windoews API, tetapi dilakukan dengan fungsi deklarasi eksternal tambahan.
Microsoft menambahkan versi terbaru yang cukup sukses yaitu Visual Basic.NET yang sekarang penggunaanya sudah sesimple VB dirilis pada tahun 2008.
Dalam pemrograman untuk bisnis visual basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Dalam survey yang dilakukan pada tahun 2005, 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk visual basic, diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.
VB 1.0 diperkenalkan pada tahun 1991. Desainnya dibuat untuk tampilan userdan format prototype generatornya dibuat oleh Alan Cooper. Perusahaannya yang bernama Tripod. Microsoft melakukan kontrak dengan Cooper dan Asosiasinya untuk membuat format system program Tripod untuk Windows 3.0, dibawah kode yang bernama Ruby (tidak ada hubungannya dengan bahasa pemrograman Ruby).
Tripod tidak terdapat bahasa pemrograman secara keseluruhan. Microsoft membaginya untuk menggabungkan Ruby dengan bahasa pemrograman BASIC untuk membuat Visual Basic.

6. Asumsi

Disini penulis akan melakukan perbandingan antara software yang lama (clipper) dengan software baru (Visual Basic), adapun keuntungan dan kerugian dari perangkat lunak-perangkat lunak tersebut dan berdasarkan pengalaman dari narasumber maka hasilnya adalah sebagai berikut :

  • Clipper
  • Memiliki banyak program / sintaksnya terlalu banyak
  • Sintaksnya lebih rumit
  • Masih berbasis DOS
  • Jika ada kesalahan dalam stock opname clipper tidak otomatis menutup harian, maka diharuskan membuka program batal stock opname.
  • Dapat langsung di laporkan ke pusat

  • Visual Basic
  • Tampilannya sudah Graphical User Interface jadi lebih user friendly
  • Sintaksnya lebih mudah dimengerti
  • Programnya lebih simple dan tidak terlalu banyak
  • Karena program baru jadi masih perlu beradaptasi
  • Jika ada kesalahan pada stock opname programnya langsung otomatis menanggulangi kesalahan tanpa perlu kembali ke menu batal
  • Dapat langsung dilaporkan ke pusat (online)

7. Kesimpulan
Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan semakin majunya tekhnologi informasi maka beriringan dengan kemampuan manusia maka segala pekerjaan yang tadinya terlihat rumit dapat di atasi dengan berbagai system baru yang memeprmudah user serta dapat mengefesienkan serta mengefektifkan kinerja dari sumber daya manusia tersebut dan meminimalisir human error karena ketidakmengertian pemakai akan suatu program. Oleh karena itu, system aplikasi penjualan ini sangat membantu banyak pihak serta dapat meningkatkan laba dari si pemilik usaha dari berbagai aspek.

8. Penutup
Rasa terima kasih yang begitu besar penulis haturkan kepada Sang Pemilik Alam Semesta Penguasa Langit dan Bumi, Pemilik kehidupan yang begitu penulis agungkan Allah SWT azza wa jalla serta junjunganNya manusia paling sempurna yang pernah ada di Bumi ini nabi Muhammad SAW atas terbukanya era ilmu pengetahuan ini.
Karyawan dari waralaba Indomaret cabang Mekarsari 03 yang bernama : Ibrahim dan memiliki jabatan sebagai Merchant Daiser atas penjelasannya kepada penulis melalui wawancara yang sangat santai tapi penuh dengan penjelasan yang lengkap dan dengan sabar menghadapi penulis, terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dan membantu penulis dalam menyelesaikan tulisan ini. Teruntuk dosen mata kuliah softskill “Implementasi Sistem Informasi” penulis yaitu Ibu Atit Pertiwi, SKom., MMSI karena telah memberikan kepada penulis beserta teman-teman tugas penulisan yang sangat luar biasa sarat akan ilmu pengetahuan dibidang aplikasi computer dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat penulis dapat membuka pikiran dan mendapatkan pengetahuan yang sangat hebat ini.
Terima kasih kepada semua orang-orang yang telah mendukung penulis. Mari kita menuntut ilmu dan membuka pemikiran kita sehingga dapat menjadi manusia yang berkualiatas kelak.



Penulis,



Maria Ulfah
Maria Ulfah

Create your badge